GPC News

Rabu, 20 November 2013

Ghost Photography Community (Komunitas Fotografi Hantu)

GHOST PHOTOGRAPHY COMMUNITY



Penjelasan Tentang Hantu Menurut Penelitian Yang Telah Dilakukan Oleh
Ghost Photography Community

            Hantu adalah, merupakan konvergensi dari suatu energi negatif yang saling terhubung sehingga membentuk suatu obyek berupa gelombang elektromagnetik spektrum. Wujud visual hantu tergantung dari pola pikir yang disalurkan oleh otak manusia melalui energi yang dibuang dari dampak ketakutan nya itu sendiri. Contoh jika kita ketakutan melewati suatu tempat tertentu maka yang dipikiran kita selalu ketakutan dengan sosok kuntilanak, maka energi negatif itu akan membentuk sosok visual apa yang kita bayangkan, yaitu kuntilanak.

            Hantu dapat tertangkap oleh lensa kamera apabila frekuensi gelombang spektrum nya setara dengan frekuensi infra merah. Pada dasarnya manusia hanya dapat melihat spektrum warna ungu sampai dengan warna merah. Diatas ungu namanya ultraviolet manusia sudah tidak dapat melihat warna tersebut, begitu juga di bawah merah atau infra merah manusia juga sudah tidak dapat melihatnya. Hantu atau energi negatif itu sendiri berada pada level di bawah infra merah. Dapat kita bayangkan bahwa infra merah saja kita tidak dapat melihat, apalagi yang level nya di bawah infra merah. Dan apabila hantu dapat tertangkap oleh lensa mata manusia normal pada umumnya, maka frekuensi otak pada manusia harus sejajar dengan energi tersebut. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Ghost Photography Community (GPC) gelombang otak pada tingkatan alpha sampai dengan theta yang sering kali dapat di manipulasi oleh energi negatif dari luar. Sehingga otak tersingkronisasi dengan energy negatif yang dapat memperintahkan indera manusia memberikan respon yang berlebihan, contoh: melihat sesuatu yang tidak ada menjadi ada, mendengar sesuatu yang tidak terdengar menjadi terdengar dll. Itu akibat respon otak yang tidak terjaga apabila berada pada suatu lokasi yang mana dipercayai mengandung energy negatif yang kuat.

            Maka itu anggota GPC dalam melakukan hunting berupaya agar mental dan fisik selalu stabil dan terjaga, maka pada saat itulah energi negatif tidak akan dapat memanipulasi gelombang otak kita. Pada kondisi otak kita berada pada level beta yakni pada frekuensi diatas 12-19 hertz, di frekuensi ini lah otak kita selalu terjaga pada tingkatan konsentrasi penuh. Sehingga tidak ada celah untuk energi negatif untuk memanipulasi otak kita. Sehingga memungkinkan otak kita menjaga seluruh panca indera. 


Kapan Ghost Photography Community (GPC) di Bentuk ?
GPC di bentuk belum lama yakni tanggal 15 November 2013 oleh seorang Dosen Fotografi Mickey Oxcygentri. Di mulai dari hobby foto dengan genre atau tema modelling, kini berubah haluan seiring tema modelling sebagai genre yang membosankan dan kian lama tidak mempunyai tantangan. Maka saya sebagai pendiri komunitas ini ingin membuat genre baru dalam dunia fotografi yang dinamakan "Ghost Photography". Yang mana model atau subyek yang harus di tangkap oleh lensa adalah mahkluk dari alam gaib.


Apa itu Ghost Photography Community (GPC) ?
GPC adalah komunitas pecinta fotografi yang mana genre yang kita ambil adalah ghost photography atau fotografi hantu. Komunitas ini tiap anggotanya harus mempunyai alat fotografi, minimal kamera digital pocket dan di utamakan kamera dengan jenis DSLR. Selain mempunyai alat fotografi tiap anggota GPC harus mempunyai mental dan nyali yang cukup berani dalam mengikuti kegiatan sesi hunting foto, yang mana hunting yang dilakukan pada komunitas ini tentunya pada malam hari, dan di lokasi yang dibilang sangat angker.


Penjelasan Mengapa Mahluk Gaib Dapat Di Foto ?
            Hantu bagi kami merupakan sosok jin yang tidak tampak oleh mata manusiam dan kami.  menyimpulkan bahwa hantu atau jin itu adalah suatu sosok mahluk yang hidup berdampingan dengan manusia namun wujud visual nya berada di bawah tingkatan sinar infra merah, atau dengan kata lain adalah radiasi gelombang elektromagnetik spektrum yang berada pada tingkat terendah dari bagian infra merah. Indera pengelihatan manusia.a  Menurut para peneliti yang tergabung dalam misi Ghost Behind The Bars yang diselenggarakan oleh Natgeo TV mengatakan bahwa manusia, hanya dapat melihat pada gelombang atau spektrum dari warna merah sampai warna ungu, dibawah warna merah atau dikenal sebagai “infra red” mata manusia sudah tak lagi dapat melihatnya. Begitu pula diatas ungu yang dikenal sebagai “ultra violet”, mata manusia juga sudah tak lagi dapat melihatnya.




           Kedua spektrum itu hanya dapat dilihat melalui bantuan alat yang hanya dapat mendetaksi infra red dan ultra violet. Diatas atau dibawah itu seperti sinar alpha beta, gamma dan sejenisnya manusia juga tak mampu melihatnya. Akan tetapi menurut kami fenomena penampakkan hantu atau jin itu visual sosok nya berada dibawah level infra red. Jadi hantu dapat tertangkap oleh lensa ketika posisi gelombang spektrum nya setara dengan infra red.


Penjelasan Mengapa Hantu dan Jin Suaranya Tidak Terdengar Oleh Manusia ?
            Mengapa manusia tidak dapat mendengarkan suara percakapan Hantu atau Jin, karena efek audio yang dihasilkan oleh mahluk gaib itu berada pada tingakatan (Very Low Frequency) atau VLF di bawah frekuensi gelombang pendengaran manusia normal pada umumnya. Pendengaran manusia sangat terbatas, hanya sekitar 20-22 Hertz hingga 20-22 kilo Hertz (tergantung usia manusia itu sendiri), dibawah itu disebut infra sonic. Efek Audio yang dihasilkan dari energi Hantu atau Jin berada pada level frekuensi infrasonik sekitar 1-2 Hertz yang tidak mungkin lagi terdengar oleh telinga manusia. Berbeda dengan hewan, beberapa hewan dapat melihat spektrum cahaya dan dapat mendengar frekuensi suara diluar kemampuan manusia. Oleh karenanya banyak jenis hewan yang dapat mengetahui akan terjadi gempa bumi atau bahkan dapat melihat makhluk astral. Bahkan dari penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya oleh para peneliti gelombang frekuensi rendah ini dapat merusak sistim keseimbangan dan kesdaran pada otak manusia (Ghost Behind The Bars - Natgeo TV - Mystery 360) 


Mengapa Manusia Dapat Melihat Wujud Hantu ?
            Menurut para peneliti sosok Hantu dapat terlihat apabila otak terpengaruh oleh efek frekuensi yang sangat rendah secara berlebihan (Very Low Frequency) VLF. Ketika anda mulai merasakan ketakutan, gemetar, berkeringat dingin, itulah hasil gelombang infrasonik yang menyerang otak manusia pada bagian  sistem keseimbangan dan kesadaran. Karena gelombang VLF ini dapat menembus benda, badan manusia bahkan benda padat sekalipun (Ghost Behind The Bars - Natgeo TV - Mystery 360). Dengan terpengaruhnya sistim keseimbangan dan kesadaran pada otak manusia itu, maka otak akan memerintahkan sel-sel tertentu kepada indera lainnya, seperti mata yang dapat melihat benda yang tak ada namun menjadi sepertinya ada. Telinga yang berfungsi sebagai keseimbangan juga mulai terpengaruh akibat informasi yang salah dari otak, lalu mulai merasakan pusing dan juga terjadi efek pendengaran yang sebenarnya tidak ada, seperti mendengar suara wanita sedang tertawa dan menangis. Pernyataan tersebut kami benarkan, karena pada saat hunting foto dilakukan ada beberapa anggota kami yang mendengar suara wanita menangis akan tetapi anggota lain yang stamina nya lebih sehat tidak mendengar suara apapun. Pada saat itulah kami harus yakin dan berkonsentrasi di keheningan malam agar tak mudah di pengaruhi oleh gelombang frekuensi rendah.


Penjelasan Bahwa Orbs Itu Bukan Fenomena Mahluk Gaib !
            Sering kali kita mendengar orang membicarakan orbs sebagai hasil perwujudan awal dari sosok makhluk ghoib. Baik itu di televisi, buku, bahkan internet, banyak yang menganggap orbs adalah penampakan hantu. Namun benarkah demikian?. Penjelasan secara ilmiah yang sangat masuk akal adalah adanya debu atau partikel cair, serangga berbentuk sangat kecil, atau material asing lain yang tertangkap kamera. Mengapa bisa demikian? Pada dasarnya, orb hanya muncul pada kondisi tempat gelap dan Anda mengambil gambar dengan menggunakan flash, atau lampu kamera. Hanya itu alasan mengapa orb muncul. Sebab, partikel-partikel kecil yang berada di dekat lensa akan tertanggakap kamera saat lampu flash menerpanya dan memantulkan sebuah pantulan berbentuk bulatan-bulatan kecil yang putih atau transparan. Biasanya, orb akan cenderung banyak terjadi pada kamera saku, karena lampu flash berada sangat dekat dengan lensa, sehingga pantulan pantulannya langsung tertangkap dan menampilakn sebuah fenomena orb. Padahal, fenomena orb sebenarnya juga ada dalam istilah fotografi, hanya saja, penyebutannya berbeda. Dalam dunia fotografi, fenomena orb disebut 'orbs backscatter', yaitu konstruksi lensa dan built-in flash yang berdekatan sehingga mengecilkan sudut pencahayaan lensa. Akibatnya, menaikkan refleksi pencahayaan pada partikel kecil yang tidak terlihat oleh mata dan membentuk bulatan putih dalam foto.


Mengapa lensa Kamera Terkadang Dapat Menangkap Visual Hantu atau Jin ?
            Karena dalam ilmu fotografi ada istilah yang disebut frame per second (FPS) atau gambar per gambar dalam setiap detiknya. FPS, yaitu sebuah satuan kecepatan lensa kamera dalam mengambil objek berdasarkan gambar per gambar, atau penangkapan objek dengan wujud berupa gambar atau foto. Tapi karena sangat cepat pergantiannya, maka mata kita tak dapat melihat pergantian gambar per gambar atau foto per foto tersebut, kecuali dengan suatu alat bantu. Sedangkan mata manusia azaz kerjanya tak sama seperti lensa kamera. Pada mata manusia penglihatannya adalah konstan dan terus menerus, bukan berdasarkan frame per frame. Oleh karenanya, banyak objek astral atau jin atau yang sering disebut hantu dapat terekam sukma mereka hanya melalui foto. Dan itu semua adalah berdasarkan kemampuan lensa dalam “melihat pinggir spektrum” yang mana mata manusia tak mampu untuk melihatnya!. Jadi kami menyimpulkan pada waktu hantu itu tertangkap oleh lensa kamera, maka energi yang dihasilkan oleh hantu tersebut setingkat dengan frekuensi radiasi infra merah.


Emangnya Fenomena Wujud hantu atau Jin itu bisa di foto ya ?
            Jawabannya susah-susah gampang, terkadang ketika hunting, fotografer kontak visual dengan hantu dan bisa terlihat jelas oleh mata. Akan tetapi belum tentu tertangkap oleh mata lensa. Sebaliknya ketika mata tidak melihat sosok penampakan, tetapi setelah dilakukan analisa foto maka lensa justru menangkap visualisasi sosok hantu tersebut. Maka itu ketika hunting dilakukan mental semua tim tidak ada yang 100% berani, nah hantu itu akan mengambil energi dari orang yang ketakutan untuk menampakkan wujudnya, cara yang kedua adalah. Dengan cara menantang, karakter Jin atau hantu itu sama seperti manusia, mereka dibekali oleh akal pikiran dan hawa nafsu. Maka ketika kita pada saat hunting mengeluarkan kalimat-kalimat yang provokatif. Emosi para mahluk asral disitu akan meningkat, seiring meningkatnya emosi maka semakin  tinggi lah frekuensi mereka. Ketika frekuensi para mahluk astral setara degan gelombang infra merah, kemungkinan besar spektrum nya akan dapat terdeteksi oleh lensa kamera digital.


Kapan Hunting dilaksanakan ?
Hunting dilaksanakan biasanya seminggu sekali di tempat-tempat yang dibilang cukup angker dan banyak saksi mata melihat sosok penampakan. GPC adalah komunitas fotografi untuk menangkap sosok mahluk gaib dengan lensa sebagai alat bukti eksistensi keberadaan mahluk gaib.  


Bagaimana syarat untuk menjadi Peserta Hunting Bersama GPC ?
            Syarat menjadi anggota GPC siap jasmani dan rohani, mempunyai ketahanan mental yang kuat dan mempunyai hobby fotogragfi, tidak mempunyai riwayat penyakit jantung, ayan dan migran. Selain tiu harus mempunyai alat fotografi diutamakan kamera berjenis DSLR. Mempunyai komitmen yang kuat terhadap komunitas, serta mendapatkan restu dari orang tua untuk bergabung ke dalam Keluarga Besar GPC


Dimana Contact Person Ghost Photography Community (GPC) ?
            Sekretariat atau basecamp GPC ada di Kota Depok, yakni di Jalan Raya Citayam Depok, Bagi yang ingin punya hobby baru dari basic hobby Fotografi dan tentunya mempunyai nyali besar, silakan bergabung dengan komunitas kami.

Founder : Mickey Oxcygentri
Contact Persons
Publikasi dan Humas : 
08129 8000 741
Berita Mengenai Ghost Photografi Community (GPC) di Berbagai Media :
http://tekno.liputan6.com/read/21029...kamera-digital
http://news.liputan6.com/read/210371...ntu-hiii-serem
http://www.infospesial.net/39034/sen...n-kamera-dslr/
http://palingaktual.com/tag/hantu/
http://news.detik.com/read/2014/09/1...ing-foto-hantu
http://news.detik.com/read/2014/09/1...ing-foto-hantu
http://news.detik.com/read/2014/09/1...graphy?9911012
http://news.detik.com/read/2014/09/1...graphy?9911012
http://harianjambi.com/berita-ini-fo...l#.VBj-vpSSzqE
http://palingaktual.com/982433/ini-r...ng-foto-hantu/
http://theglobejournal.com/Teknologi...antu/index.php
http://beritanya.com/baca/16001665/U...Fo to%20Hantu
http://anekainfounik.net/2014/09/16/...p-objek-hantu/
http://hentakan.com/2014/09/16/ini-r...ing-foto-hantu
http://joglosemar.co/2014/09/ghost-p...al-klenik.html
http://www.pasberita.com/2014/09/gpc...-hadir-di.html
http://lampungx.com/kisah-di-balik-p...t-photography/
http://wartakota.tribunnews.com/2014...o-makhluk-gaib
http://makassar.tribunnews.com/2014/...a-motret-setan
https://news.detik.com/berita/2692339/kisah-di-balik-perburuan-foto-hantu-a-la-ghost-photography


210 komentar:

  1. selanjut nyA dmna lg hunting nya

    BalasHapus
  2. keren nih komunitas ide nya kreatif walau motoin setan tapi gak ada istilah klenik, penjelasan nya scientific bgt. Jangan2 pendirinya ilmuwan yah.....!!!!

    BalasHapus
  3. Ternyata yang gaib2 bisa dijelaskan oleh ilmu pengetahuan juga......coba teori nya agar dapat dikembangkan lagi

    BalasHapus
  4. wah kreenn tambah lg dooong foto 2nya biar banyak

    BalasHapus
  5. Makanya itu ada yg namanya ilmu metafisik. Itu secara ilmiahnya kan. Jaman SMA dulu, guru fisika saya menjelaskan bahwa fenomena ghoib itu bisa dijelaskan dengan ilmu fisika modern. :)

    BalasHapus
  6. So logic, keep it up guys.....
    You are really awesome w/ theory and fact

    BalasHapus
  7. coba ambil gambar di sekitar stasiun sudimara pas maghrib.. pasti banyak orbs ketangkep..

    BalasHapus
  8. wah, gambar yg wajah di jendela seram jg nih

    BalasHapus
  9. Bila foto2 yg diberi lingkaran merah bisa ditampilkan dalam ZOOM cropping agar lebih terfokus akan lebih baik.. diberikan tambahan keterangan juga yg muncul itu hantu apa... jadi lebih mudah dalam memahami fotonya.. thanks yaa..

    BalasHapus
  10. gimana cara nilai fotonya kalo mujudnya aja gajelas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada teknik nya gan, kita ambil shot dua kali bahkan lebih untuk perbedaan dan perbandingan

      Hapus
    2. Ada teknik nya gan, kita ambil shot dua kali bahkan lebih untuk perbedaan dan perbandingan

      Hapus
  11. Boleh juga,buat sekret didaerah jakarta timur dong bang!

    BalasHapus
  12. Bagus blognya,jadi bisa belajar meskipun saya takut dengan yang berbau mistis :D

    BalasHapus
  13. Ini yg namanya ilmu, sanggat bermanfaat.

    BalasHapus
  14. Ini mantep banget sangat mendidik , mendefinisikan kemunculan hantu lewat metafisika , lanjutkan om... Buat semua orang percaya... Ghost Buster indonesia nih

    BalasHapus
  15. Balasan
    1. Di Surabaya ada di daerah Gresik tapi ketua regional nya sibuk keluar kota urusan kerjaan jadi bubar deh, silakan mas di dirikan lagi.

      Hapus
  16. Sesuatu yang baru di dunia fotografi. Semoga tambah besar komunitasnya

    BalasHapus
  17. community yang kaya gini yang berbeda dgn commuity yang lain,dapat memberikan ilmu tentang dunia photography.bahwa dunia photography ngak cuma foto yang biasa'' aja tapi bisa foto yang menantang..

    BalasHapus
  18. Semoga bisa memberikan ilmu yang bermanfaat......dan tidak menjadi Kebohongan Publik oleh Media

    BalasHapus
  19. semacam emang bisa pake kamera, saya sendiri pernah coba sendri waktu saya masih di pabrik,dan enggak ada yang namanya pake ilmu2 yang anda maksud

    BalasHapus
  20. keren banget nih komunitasnya yg menantang keberanian yg berbau horor . dan sangat bermanfaat untuk dunia fotografi yg kreatif .

    BalasHapus
  21. kerennnnnnn terus kembangkan komunitasnya agar lebih pesat

    BalasHapus
  22. Kalau bisa untuk sesi selanjutnya ada perekaman sebagai bukti visual nyata, thanks untuk ilmu nya dan pengetahuannya bang...

    BalasHapus
  23. selama ini tertipu media tentang orbs . berapa lama ini nelitinya . creative haha . lanjutkan bang . terimakasih informasinya

    BalasHapus
  24. Memang segala sesuatu ada pro dan kontra,iya lahhh karena setiap hobi dan ke sukaan itu berbeda"... Nga ada salah nya kita meyalurkan hobi kita dengan hal positif,toh juga ngaa mgerugiin pihak lain. Nice jprettt.

    BalasHapus
  25. ajibdeh!! semoga lebih spektakuler lagi karyanya

    BalasHapus
  26. Pengen ikutan...Tapi kejauhan GPCnya...huuuft....sbar dulu deh...

    BalasHapus
  27. Komunitas yg seperti ini yg harus benar2 ditekuni dan ditelusuri saya salut deh untuk komunitas ini sukses selalu yaaa.

    BalasHapus
  28. saya kurang tertarik dengan tema'a pak....

    BalasHapus
  29. kurang serem pak, karna objek'a kurang detail.....

    BalasHapus
  30. Memang kita harus menyadari kalau bukan hanya kita di dunia ini yang hidup, banyak makhluk gaib di luar sana yang tak kasat mata, dengan adanya blog ini, kita telah banyak belajar dan tahu wujud asli dari makhluk gaib itu, *walau kadang kurang jelas..... makasih

    BalasHapus
  31. Keren.cukup menambah ilmu. Semoga kedepannya jauh lebih baik dan sukses trs!

    BalasHapus
  32. semua memang bisa dijelaskan dengan ilmu pengetahuan ngga cuma sekedar omongan dan isu belaka. akhirnya sekarang kita percaya dengan pembuktian ini kalo wujud makhluk gaib bisa tertangkap kamera... sukses pak

    BalasHapus
  33. keren..salut sama komunitas ini. semoga bisa terus mendapatkan bukti yang bisa meyakinkan orang lain tentang penemuan baru ini dalam dunia photograpy. sukses pak..

    BalasHapus
  34. saya tunggu nama misi selanjutnya pak. mungkin bisa 'taman kanak-kanak dede tuyul' atau yang lainnya agar masyarakat dapat melihat jelas perbentukan jin jin penghuni indonesia lainnya secara nyata..

    BalasHapus
  35. cukup bikin penasaran, ditunggu postingan terbarunya ya pak.. suksessss^^

    BalasHapus
  36. keren blognya. bikin penasaran sama foto-foto barunya , tapi kurang serem soalnya ada gambar yang gak jelas penampakannya ..

    BalasHapus
  37. waahh bermanfaat banget nih nambah ilmu baru,

    BalasHapus
  38. komunitasnya keren, sangat bermanfaat! nice om

    BalasHapus
  39. ini komunitas emang keren bgt karena fotografi ngk cuma sekedar foto biasa aja tpi jga bisa jdi foto yg luar biasa kyk gini n ngasih ilmu buat kita karna dunia fotografi bukan dunia tanpa ilmu tpi dunia yg didalam nya juga syarat dgn pelajaran yg bisa kita kaji seperti bgai mna menangkap gambar hantu tanpa ada unsur klenik n bisa dijelaskan dengan ilmunya, ini pekerjaan yg bermanfaat buat dunia fotografi, smoga bnyak yg mendukung komunitas ini good job guys.....

    BalasHapus
  40. Yang enggak kelihatan kadang bukan berarti gk ada. Jadi penasaran mau nyoba ..

    BalasHapus
  41. Komunitasnya keren. Tapi hantunya kok ga kliatan jelas ya? :D

    BalasHapus
  42. Hasil fotonya kurang bagus. Meski begitu, penjelasannya terdengar masuk akal (bukan mistis). Semoga kedepannya bisa ditingkatkan lagi, dan semoga komunitas ini bisa berkembang lebih baik lagi.

    BalasHapus
  43. teorinya cukup menarik dan masuk akal, tapi keren bisa punya ide dan pemikiran yang kyk gitu .. semoga kedepannya ada perkembangan , cemungut ea GPC :D

    BalasHapus
  44. keren, makin banyak mitos yang bisa dijelaskan secara ilmiah

    BalasHapus
  45. menurut saya memang perlu menciptakan sesuatu ide baru yang menyenangkan, dan menurut saya komunitas ini sangat bagus dan keren, sukses teruss yaa dan diperbanyak foto fotonya

    BalasHapus
  46. kerennnn, baru ini si ngeliat ada komunitas fotographer yg ngambil foto hantu padahal itu kan beda dunianya sama kita.
    unikkk ya kreatif tapi horor

    BalasHapus
  47. cucooook banget kalian semua, kalo bisa di perbanyak yak foto"nya.:)
    bagus banget soalnya.

    BalasHapus
  48. keren.. sepertinya baru ini ada komunitas yang sengaja mencari hantu untuk dijadikan objek fotografi :D
    selain itu, blog ini sangat membantu, karena dapat memberikan informasi baru mengenai dunia fotografi..

    kalau boleh tau, sebenarnya apa alasan Pak Mickey selaku ketua umum komunitas, membuat komunitas ini ??
    terimakasih :)

    BalasHapus
  49. keren dan sangat bermanfaat komunitas seperti ini :) dan saya ingin sekali mencoba mengikuti hunting-huntingnya :D

    BalasHapus
  50. ide bagus pak, menarik, unik, dan jarang banget. buat yg suka mistis bisa bgt nih nyoba. keren pak semoga sukses!!!

    BalasHapus
  51. nice teory pak keep going and be founding father

    BalasHapus
  52. keren pak terus berkarya dan postingannya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  53. ini bagus paakkk, semoga penelitiannya berhasil dan para penonton yg suka acara yg berbau mistis bisa membedakan mana yg asli an mana yg settingan, goodluck pak!

    BalasHapus
  54. keren!!! sangat bermanfaat bagi orang yang suka fotografi dan hal hal mistis

    BalasHapus
  55. bagus, keren, kreatif, menantang banget nih, sukses terus (Y)

    BalasHapus
  56. good job!!! kepengen ikutan hunting :) Semangat!!! (y)

    BalasHapus
  57. Lumayan menambah wawasan. yang tidak tau menjadi tau,. sukses buat GPC ..

    BalasHapus
  58. Komunitas yg unik. Walaupun serem tapi keren. Jadi pengen ikutan komunitas ini :D hehe. Sukses terus ya pak.

    BalasHapus
  59. keren pak Mickey! sukses terus pak!

    BalasHapus
  60. Dapat ilmu baru tentang photography, penjelasannya dapat di mengerti dan fotonya jelas-jelas , Sukses selalu .

    BalasHapus
  61. perlu di kembangkan lagi pak, biar semua orang bisa mencoba dan tau mana hantu asli dan palsu.. jadi pengen gabung buat nambah pengalaman dan ilmu.. sukses buat GPC

    BalasHapus
  62. Awalnya saya agak kurang percaya kalo hantu itu wujud visualnya bisa ditangkep gambarnya lewat kamera, karena yg saya tau foto-foto penampakan hantu yg ada di internet atau di tv itu kebanyakan hoax. Tapi setelah membaca penjelasan yg cukup logis dan mudah dipahami pada artikel di atas, dari yg namanya hantu itu wujud visualnya mempunyai tingkatan radiasi gelombang elektromagnetik spektrum, dan bisa terlihat jika radiasi gelombang
    elektromagnetik spektrum pada hantu tersebut setara dengan infrared, saya jadi percaya kalo sosok hantu itu bisa terlihat visualnya dengan bantuan kamera. Jadi penasaran nih, pengen ngebuktiin secara langsung bareng pak mickey, hehe :)
    Sukses terus pak. Artikelnya menambah wawasan. terimakasih buat informasinya. !!!

    Saran: kalo bisa bagian foto penampakannya ditampilin zoom croping pak, biar gambarnya bisa keliatan lebih jelas :D

    BalasHapus
  63. Boleh gabung engga, trs gimana caranya?thank u

    BalasHapus
  64. ane boleh gabung atau sekedar ikut hunting gak gan ?
    tertarik sekali dengan hal seperti ini

    ane di condet, thanks

    BalasHapus
  65. Ini serius ? Soalnya saya juga punya kelompok iseng bukan komunitas sih. Kelompok kecil-kecilan satu sekolah yang tertarik kaya beginian. Kami udah di 3 lokasi yg terkenal angker di kota solo. Dan walaupun kami udah bawa beberapa kamera kenapa ga isa tertangkap kaya gitu ya pak ?? Kasih tipsnya dong biar kami juga ga sia-sia ngelakuin kaya gini. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di solo ada komunitas ginian? Saya di Madiun tidak ada.. Monggo jepret tempat angker di madiun...

      Hapus
    2. Insya Alloh kami akan berkunjung share saja dulu tempat2 spoky di daerah mas

      Hapus
  66. Kren ini saya share juga gan untuk android Photo Selfie Editor Full Effects Blur, frame, focus, enhance banyak gan monggo untuk android ini linknya :
    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.digitalzone.selfieeffect

    BalasHapus
  67. Hal ini adalah hal yang baru untuk saya pribadi,
    Saya kira menangkap gambar hantu hanyalah faktor keberuntungan, efek, dan editan semata.
    Ternyata ada keahlian dan teknik khusus untuk dapat menangkap gambarnya, juga mental yang kuat yah :D
    sukses untuk komunitas dan pengembangan teknik fotografi ini :)

    BalasHapus
  68. Misi gan, izin share ya...
    Kami menjual notebook Hp

    HP 14-r017TX Graphic
    Price Rp 5.399.000

    Spesifikasi :

    Processor : Intel Core i3-4030U Processor (3M Cache, 1.90 GHz TDP:15W)
    Memory : 2 GB 1600 MHz DDR3L SDRAM (1 x 2 GB)
    Graphics : Intel HD Graphics 4400 _ Nvidia GT 820M(2GB)
    Operating System : Ubuntu (Supports windows )
    Hard Drive : 500 GB 5400 rpm SATA
    Optical Drive : SuperMulti DVD burner
    Display : 14 Inch (Wide Screnn 16:9)
    Display Max Resolution : 1366 x 768
    Display Technology : diagonal HD BrightView LED-backlit
    Input Device : Keyboard : Full-size textured island-style
    Pointing Device : Touchpad with multi-touch gesture support
    Audio : Dual speakers
    Camera : HP TrueVision HD Webcam (front-facing) with integrated digital microphone
    Ethernet : Integrated 10/100 BASE-T Ethernet LAN
    WiFi : Intregated
    Network Protocol : IEEE 802.11 b/IEEE 802.11g/IEEE 802.11n
    Bluetooth : v 4.0 + HS
    Card Reader : 1 multi-format SD media card reader
    I/O Port : 1 USB 3.0
    - 2 USB 2.0
    - 1 HDMI
    - 1 VGA
    - 1 RJ-45
    - 1 headphone/microphone combo
    Detail : HP Pavilion 14-r017TX Black SDJ
    Power : AC/DC Adapter :
    - Input : 100-240v ~ 1.4A
    - Output : 19v ~ 2.31A
    Battery : 4-cell (41 WHr) Li-ion 2620 MAH , 14.8V ~ 41WH
    Warranty : 1 Tahun Standard Garansi
    Dimension : 34.6 x 24 x 2.81 cm
    Weight : 1.85 Kg

    Kunjungi website kami untuk produk lainnya

    Pusat Belanja Komputer

    Terimakasih.... :)

    BalasHapus
  69. - Kaos Photography -
    https://www.facebook.com/TSnine-Project-747745048670227/timeline/

    BalasHapus
  70. Amazed buat baca acara kalian. So far tertarik mas. Biasanya ngumpul di daerah mana. Thanks before

    BalasHapus
  71. Bagus Prakoso : di kontak aja Gan mimin Gpc yang bernama andrea biar bisa di masukin ke grup wa

    BalasHapus
  72. masih update gak nih sampai sekarang? ini yang kemaren masuk TV Net itu kan yah>??

    info kuliner bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul silakan bergabung gan, open 4public

      Hapus
  73. Apa nama id linenya?
    Pin bbm nya?
    Saya ingin join
    Mohon balas

    BalasHapus
  74. Pengen gabung, penasaran.. Tapi ngeriih juga ya..

    BalasHapus

  75. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website kami www.kumpulbagi.com atau www.facebook.com/kumpulbagi/ untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto, musik, video, film dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis

    BalasHapus
  76. Keren gan blok ny. Sekedar mau ngasih masukan, kalo ditambah latihan mempertajam indra perasa pasti hasilnya bagus. Maksudnya kalo udah tau dimana letak tu model mahluk yg tak kasat langsung jepret dah. Jadi hasilnya lbh bagus. Bukan asal jepret. Siapa tau hasilnya bisa ikut pameran photograp

    BalasHapus
  77. Keren gan blok ny. Sekedar mau ngasih masukan, kalo ditambah latihan mempertajam indra perasa pasti hasilnya bagus. Maksudnya kalo udah tau dimana letak tu model mahluk yg tak kasat langsung jepret dah. Jadi hasilnya lbh bagus. Bukan asal jepret. Siapa tau hasilnya bisa ikut pameran photograp

    BalasHapus
  78. Tjadassss
    Saya juga depok ni
    Kalo ikut dulu sblm join boleh kah? Apa harus join?

    BalasHapus
  79. Mantap ini blog keluarga besar GPC makin maju ajah , gak nyangka dulu anggota nya cuma ada 10 orang, sekarang gak kehitung regional nya di seluruh Indonesia.

    Jaya terus GPC satu2nya komunitas fotografi bergenre hantu terbesar di Indonesia.

    BalasHapus
  80. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  81. Sukses terus GPC .. Pantang Pulang sebelum Terobos :D

    BalasHapus
  82. cool...awesome...riset nya mukul..maenan speed dpt ilmu baru. Goood Job with two tumbs up...

    BalasHapus
  83. kereeeen banget blognya. penjelasannya juga ilmiah dan logis. dan saya baca dari awal sampe akhir, ternyata banyak pengetahuan yg baru saya tau setelah membacanya. pokoknya keren banget,di tambah lagi foto-fotonya. kalo bisa bikin pameran hasil karyanya anak anak GPC. sukses terus buat GPC,di tunggu hunting di karawang yaak.... terimakasih:D

    BalasHapus
  84. ga logis sih hal tersebut bisa tertangkap di lensa kamera, tapi terpatahkan oleh semua penjelasan di atas. good job deh buat komunitas ini, keep solid :D

    BalasHapus
  85. Widiiiihhhh keren banget cuyyyyy. Kreatif bgt bisa nyiptain komunitas kaya gini☺

    BalasHapus
  86. Widiiiihhhh keren banget cuyyyyy. Kreatif bgt bisa nyiptain komunitas kaya gini☺

    BalasHapus
  87. Komunitas langka tapi salut sih bisa ngumpulin org" yg 1 hobi dan di share.

    BalasHapus
  88. Serem sih, tapi bikin penasaran
    Cause Something different than others

    BalasHapus
  89. Keren juga sih, awalnya sempet ga percaya sm yg kayak begitu bisa ketangkep sm kamera.. tapi pas liat penjelasan dan hasilnya agak speechless.. good job lahh pokoknya..

    BalasHapus
  90. Bikin kepo,merinding,serem,seru nihh kalau ikutan...
    Sukses teruss lahhh GPC !!!

    BalasHapus
  91. Wah keren,merinding jadinya...

    BalasHapus
  92. Wihhhh keren ! Merinding euy...

    BalasHapus
  93. mantaap..bikin bulu kuduk merindinggg!!

    BalasHapus
  94. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  95. wah.. keren.. jadi pengen motret hantu juga nih.

    BalasHapus
  96. Boleh, lah. Kalo mau mendalami apa sih itu gpc sesungguhnya. Kegiatan yg unik abis dah keren keren. Teruskan

    BalasHapus
  97. Akhirnya komen juga, Sukses terus!

    BalasHapus
  98. Daihatsu Madiun : 0821 4030 4000
    daihatsumadiun.net

    Daihatsu SIGRA 1000cc dan 1200cc. 3baris-7penumpang dewasa, AC Double,Airbag,Immobilizer,Velg Racing

    Mesin teknologi baru, 1200cc Dual vvt-i 4 silinder
    Velg racing 14inch
    AC double
    Power Window
    Power Steering
    Wiper belakang
    Sensor parkir
    2 DIN Audio + speaker(4)
    Immobilizer
    Central lock + Alarm
    Eco Indicator
    Talang air
    Spoiler belakang
    Dual Airbag
    Grill Chrome
    Spion elektrik + lampu sein
    Foglamp
    Stabiliser belakang
    Headrest bangku baris kedua
    Sensor parkir depan

    BalasHapus
  99. Coba ditangkap gambar di tempat aborsi

    BalasHapus
  100. Guys, kalo mau gabung utk tang-sel dimana ya?

    BalasHapus
  101. Fotografi alam ghoib/astral yang OK! Btw umpama kontak tak melalui WhatSapp & telfon(hanya SMS) mungkin gak?...

    BalasHapus
  102. Penjelasan secara ilmiah yang menarik dan logis,tapi saya masih belum percaya kalau belum melihat langsung proses pemotretannya.

    BalasHapus
  103. Menarik untuk dicoba dan membuat penasaran ...... Nice...


    Setiap orang memiliki passion nya masing-masing. Bagiamana caranya membuat seseorang tidak phobia terhadap alam ghaib..... Jangankan untuk mencari tau. Membacanya dan mendengarkan ceritanya saja sudah gak mood. Tapi diluar dari pada itu komunitas ini keren banget.

    BalasHapus
  104. keren nih. akhirnya jadi tau kenapa hantu lebih sering muncul di foto dari pada di liat langsung.

    BalasHapus
  105. Komunitas GPC sangat bagus,komunitas yang sangat unik. Semoga komunitas ini semakin bertambah anggota nya dan semakin eksis. setelah membaca artikel ini saya jadi bertambah wawasan nya mengenai cara memotret hantu. Ternyata memotret hantu bisa di jelaskan secara ilmiah dan secara logis. Dan ada teknik nya untuk menangkap makhluk astral tersebut.

    BalasHapus
  106. komunitas yang sangat keren dan unik,apalagi jarang ada di Indonesia komunitas seperti ini.Blognya juga sangat menarik untuk di baca,menjelaskan lumayan detail mengenai teknik untuk mengambil gambar makhluk gaib agar terlihat jelas di foto. sukses terus untuk GPC,semoga makin banyak orang yang tertarik untuk bergabung dengan komunitas ini. di tunggu hasil foto dari GPC selanjutnya yang lebih bagus dan keren-keren.

    BalasHapus
  107. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  108. Komunitas ini sangat unik karena sangat jarang ada komunitas yang bergenre horor. Setelah saya memebaca, saya jadi tahu bahwa penampakan hantu itu dapat di jelaskan secara ilmiah, tidak hanya secara agama. Lensa kamera mampu menangkap penampakan hantu padahal penciptanya (manusia) jarang sekali dapat melihat hantu secara langsung.

    BalasHapus
  109. Buat penasaran jadi pengen gabung

    BalasHapus
  110. Sungguh menarik dan penuh dengan misteri,joint kali yaa biar lebih bnyak tau ghost photography,mirip mirip sama ekspedisi merah

    BalasHapus
  111. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  112. wah keren maksimal pak komunitasnya, sayapribadi setuju denan adanya komunitas ini karena denan adanya komunitas ini dapat menarik rasa penasaran seseorang tentan makhluk astral atau makhluk gaib, semoga komunitas ini dapat berjalan lancar ya pak dan saya juga mau kepo soal makhluk yan tertankap kamera oleh komunitas GPC. sekian terima kasih

    BalasHapus
  113. sangat keren dan bermanfaat sekali pak , sukses terus ya komunitas GPC nya

    BalasHapus
  114. Setelah membaca ini saya jadi tau, bahwa sebenarnya makhluk gaib itu bisa kita lihat karna sugesti kita sendiri, jadi bisa dikatakan bahwa yang membuat kita bisa melihat atau merasakan adanya makhluk ghaib itu karna kita sendiri yang mendatangkannya. Tapi jika kita dapat melihat makhluk ghaib karena otak terpengaruh oleh efek frequensi yang sangat rendah secara berlebihan (very low frequency) VLF yang membuat kita menjadi melihat atau mendengar sesuatu yang tidak ada menjadi ada, apakah itu sama seperti penyakit skizofrenia ?

    BalasHapus
  115. Sangat menarik dan harus dikembangkan, menambah wawasan juga, yang tidak tau menjadi tau.

    BalasHapus
  116. keren, unik dan menarik komunitas GPC ini. karna biasanya ketika foto di smartphone kadang suka tertangkap foto hantu dan langsung heboh. tapi setelah membaca penjelasannya bahwa hantu bisa ditangkap oleh lensa kamera kaget juga. Dan ternyata hantu bisa terfoto juga ada penjelasan secara ilmiahnya.
    Good ����

    BalasHapus
  117. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  118. terima kasih, setelah membaca ini saya menjadi tau bahwa mahluk gaib itu hanyalah sebuah energi mahluk astral yaitu hantu. hehehe

    BalasHapus
  119. terima kasih penjelasan nya. keren yaa sekarang udah tau kenapa hantu bisa ditangkap kamera. kalau kerasukan, bisa dijelaskan secara ilmiah juga?

    BalasHapus
  120. Menurut saya komunitas ini sangat bagus pak, karena bisa meneliti dan menemukan penjelasan yang tepat mengenai mahluk gaib dan sebagainya, tentu komunitas ini dapat menjawab semua keraguan yang dirasakan oleh umum sebelumnya termasuk saya mengenai mahluk gaib, sukses terus GPC!

    BalasHapus
  121. Keren nih komunitas..
    Bikin penasaran sama hasil foto-fotonya karena objeknya kasat mata.

    Lanjutkan, sukses terus GPC!

    BalasHapus
  122. Keren nih komunitas..
    Bikin penasaran sama hasil foto-fotonya karena objeknya kasat mata.

    Lanjutkan, sukses terus GPC!

    BalasHapus
  123. Wiiih keren keren komunitasnya pak. Komunitas unik yg anti mainstream hehe terus jadi dapat pengetahuan juga kalau makhluk-makhluk astral bisa difoto dengan teknik-teknik tertentu. Lanjutkan,GPC!!

    BalasHapus
  124. komunitas yang lain dari pada yang lain. penjelasan nya sangat logis dan menarik. buat yang penasaran patut di coba nih

    BalasHapus
  125. Waw keren komunitas GPC...setelah saya membaca ini saya jadi tau bahwa makhluk gaib/makhluk halus bisa kita lihat karna sugesti kita sendiri, setelah membaca ini juga menambah suatu wawasan, pokonya komunitasnya keren abis pak, sukses terus buat GPC

    BalasHapus
  126. Komunitas yang anti mainstream, baguss ternyata semua bisa dijelaskan jika kita mengetahui ilmunya.

    BalasHapus
  127. Woww keren.. awalnya saya takut sama hal yang kaya gini, tapi setelah dijelaskan kalo kita tidak mensugestikan adanya makhluk astral maka emang tidak ada dan kita tidak akan takut... komunitas GPC emang dabest!

    BalasHapus
  128. keren pak penjelasannya gampang dimengerti
    dan ternyata selama ini salah ya pak kalo orbs itu bukan pertanda adanya hantu
    keren!!!!

    BalasHapus
  129. dengan adanya penjelasan seperti ini, akan mengurangi ketakutan berlebih terhadap hantu bagi orang orang awam yang sangat mempercayai hal - hal ghoib. semoga lebih banyak orang orang awam yang mengetahui dan mengenal lebih dalam komunitas ini sehingga lebih bermanfaat. Good Luck!

    BalasHapus
  130. Wah sangat menarik dan bermanfaat, semoga semakin banyak artikel yang menarik lainnya. Sukses terus!

    BalasHapus
  131. keren !!!
    ternyata makhluk astral bisa dinilai dalam segi ilmiah
    hal ini jg membawa positif bagi orang2 yg takut akan hal gaib


    sukses terus GPC!

    BalasHapus
  132. keren pak, ternayata makhluk gaib dapat dijelaskan secara ilmiah. jadi tahu kenapa hantu dapat ditankap oleh kamera
    ilmunya sangat bermanfaat. sukse terus buat GPC!

    BalasHapus
  133. Keren pak, menarik sekali artikelnya dan setelah baca artikel ini jadi tahu kalo foto hantu itu bisa dijelaskan secara ilmiah. Dan untuk mendapatkan foto hantu ternyata dibutuhkan teknik2 tertentu bukan asal foto saja. Sukses terus GPC!

    BalasHapus
  134. Bagus pak, bacanya bikin penasaran dan menarik, saya jadi tau dan nambah pengetahuan tentang makhluk gaib.

    BalasHapus
  135. Keren pak artikel nya sangat bermanfaat sekali. Dan tentu nya ini unik sekali. Semua hal yg berbau unik pasti disukai banyak orang. Sukses terus buat GPC!

    BalasHapus
  136. komunitas yang jarang banget tapi unik pak. penjelasannya juga mudah di mengerti, di tunggu artikel artikel selanjutnya.
    sukses buat GPC

    BalasHapus
  137. Keren ilmiah banget.
    Ternyata perasaan kita yang mempengaruhi wujud jin atau hantu.

    BalasHapus
  138. Keren pak, artikelnya unik, ternyata makhluk gaib dapat dijelaskan secara ilmiah. Semoga dengan adanya artikel ini, banyak yang tertarik bergabung dengan komunitas GPC. ditunggu artikel unik selanjutnya pak

    BalasHapus
  139. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subhanaallah..
      Pengetahuan baru yang sangat menarik,tidak diduga duga, dapat mengubah pola pikir saya mengenai hantu yang menyeramkan. Dan ya itu semua ternyata sugesti.terimakasih ilmunya dan sukses GPC!
      Harus saya bagikan ke orang lain nihhehehe

      Hapus
  140. Eh? Baru tau saya ada penjelasannya. Saya kira selama ini makhluk ghaib atau tak kasat mata itu ya memang berasal dr dimensi lain, tapi setelah saya baca ternyata ada penjelasannya juga ya. Orang lain harus tau ini supaya mereka juga tau bahwa ternyata makhluk ini ada bukan hanya sekedar memang ingin datang, tapi ada penjelasannya yang konkrit seperti ini. Wah menarik sih, jujur pengen ikutan GPC kalo bisa mah haha mantap pak

    BalasHapus
  141. Keren dapet ilmu baru tentang makhluk gaib, sugesti, dll. Lanjutkan GPC!

    BalasHapus
  142. Baru tau kalo ternyata makhluk gaib bisa dijeaskan secara ilmiah. Keren lah, jadi mau gabung GPC

    BalasHapus
  143. bagus sekali komunitas ini, Kita jadi tau bahwa energi bisa ditangkap oleh sebuah kamera saja. Komunitas unik dan menambah ilmu baru juga

    BalasHapus
  144. Sangat menarik untuk dibaca dan bisa menambah pengetahun bahwa hantu dapat tertangkap oleh lensa kamera.

    BalasHapus
  145. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  146. Memang mitos kadang berawal dari kisah nyata. Terbukti hal gaib saja bisa nampak dan dijelaskan secara ilmiah. Skrng kita sadar dunia itu penuh misteri, satu dua misteri itu akan terungkap. semua orang harus tau ini.
    Saya suka sekali dengan penjelasan spektrum,vlf, energi dan Uhh .. Pokoknya kerenlah, sukses, semangat terus. Allahuakbar
    Ajakin saya lah kalo nanti hunting lagi haha

    BalasHapus
  147. WOW
    sumpah keren banget, saya yg awalnya acuh tak acuh terhadap hal hal mistis sekarang jadi suka jika cara pengaplikasiannya lewat fotografi seperti ini, Tak ayal hal inilah yang membuat saya tertarik. kayanya seru tuh hunting sampai suntuk malam. Jadi pengen gabung nih, moga moga bisa buka cabang di kampung saya.
    terlepas dari itu semua pokoknya saya kagum banget nih sama komunitas ini, apalagi sama ketuanya, karena telah berhasil mengemas hal yang tabu menjadi lebih seru.

    Pokoknya jaya teruslah buat GPC, teruslah menangkap basah para hantu dengan kamera mu.

    BalasHapus
  148. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  149. Wahhh mantap.. Dari pandangan saya sebagai mahasiswa saya sangat tertarik untuk mempelajari ghost photography ini karena ilmu yang didapat sangat bermanfaat dan bisa dijelaskan secara ilmiah.. Tambah lagi pak anggotanya biar makin kece :)

    BalasHapus
  150. Komunitas yang unik. Ketika sebagian besar masyarakat tidak bisa menjelaskan hantu secara ilmiah, di artikel ini bisa menjelaskan munculnya hantu secara ilmiah dan dapat di mengerti secara logika.. Sukses terus GPC

    BalasHapus
  151. Keren sekali , komunitas ini memiliki satu objek yang tdak biasa , yaitu objek yang tak kasat mata . Dan membuat pembaca tertarik dengan aktifitas ini, dan penjelasan nya yaang secara teoritis membuat kita tau bahwa hal tersebut bisa dijelaskan . Kerennn ��Keren

    BalasHapus
  152. Menarik sekaliiiiii dan bermanfaat

    BalasHapus
  153. Komunitas yang sangat menarik dan unik,penjelasannya pun sangat ilmiah dan masuk akal, sukses terus untuk GPC

    BalasHapus
  154. Menarik banget nih. Nambah ilmu juga ternyata kalau ngambil foto hantu gitu ada teknik2nya dan bisa dijelaskan secara ilmiah dan masuk akal juga. Keren banget, sukses terus GPC.

    BalasHapus
  155. Sangat unik dan benar benar menarik metode yang dilakukan pun menurut saya sangat luar biasa, Sukses untuk GPC

    BalasHapus
  156. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  157. Menurut saya ini sangat unik karena hal gaib ini bisa d buktikan dengan cara alamiah .. sukses terus GPC

    BalasHapus
  158. Penjelasannya sangat logis dan berdasar Dan mungkin bisa lebih di kembangkan lagi. Hanya saja objek yang di tangkap kurang jelas

    BalasHapus
  159. Bermanfaat banget nih bagi orang orang yang suka bergelut di dalam dunia photography. keren deh! suksess untuk GPC

    BalasHapus
  160. Mantap artikelnya. Saya mendapat ilmu baru bahwa alam ghoib bisa dirinci oleh ilmiah. Sukses terus buat gpc. Semoga komunitasnya lebih menusantara. Lanjutkan!!! (Y) :-)

    BalasHapus
  161. Wah keren nih pak, jadi bisa belajar cara ambil foto hantu dari penjelasan ini. Sukses terus untuk GPC!!

    BalasHapus

Designed By